Pengertian E-Commerce
Apa itu e-commerce? Pengertian E-Commerce adalah
aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang
dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet
dan jaringan komputer.
Arti E-commerce (Electronic Commerce)
dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi
bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan
antara penjual dan pembeli.
Secara
sederhana pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas
transaksi jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan
menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet. Transaksi
e-commerce ini bukan lagi hal baru di tanah air, bahkan perkembangannya
terbilang sangat pesat
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi e-commerce dan dampaknya bagi masyarakat, diantaranya adalah:
1. Loudon (1998)
Menurut
Loudon pengertian E-Commerce adalah suatu proses transaksi yang
dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai
produk secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain dengan
menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.
2. Kalakota dan Whinston (1997)
Menurut
Kalakota dan Whinston pengertian E-commerce adalah aktivitas belanja
online dengan menggunakan jaringan internet serta cara transaksinya
melalui transfer uang secara digital.
Keduanya meninjau pengertian E-Commerce dari empat perspektif, yaitu:
- Perspektif Komunikasi; Pengertian E-Commerce adalah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
- Perspektif Proses Bisnis; Defenisi E-Commerce adalah aplikasi dari sebuah teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
- Perspektif Layanan; E-Commerce adalah alat yang dapat memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
- Perspektif Online; E-Commerce menyediakan kemudahan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya
3. Jony Wong
Menurut
Jony Wong Pengertian E-Commerce (Perdagangan Elektronik) adalah
pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem
elektronik.
4. Vermaat
Menurut
Vermaat pengertian E-Commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi
dalam jaringan elektronik seperti internet. Dengan kata lain, siapapun
yang memiliki jaringan internet dapat berpartisipasi dalam kegiatan
E-Commerce
Sejarah E-Commerce
Awal
kemunculan e-commerce dimulai dari tahun 1960 an saat bisnis
menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) populer. Kemudian tahun
1979, American Standars Institute mengembangkan ASC X12.
ASC
X12 kerap digunakan untuk saling share dokumen menggunakan perangkat
elektronik dan terus berkembang di tahun 1980 an dan 1990 an sampai
lahirnya salah satu perusahaan terbesar, eBay dan Amazon yang membuat
revolusi dunia e-commerce.
Sekarang konsumen bisa membeli produk apapun dengan jumlah tak terbatas secara online.
Jenis-Jenis E-commerce
Ada
beberapa jenis transaksi di dalam e-commerce ini, antara lain bisnis ke
bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen atau konsumen ke
bisnis. Karena itu, istilah e-commerce dan e-business selalu dikaitkan.
1. E-Commerce Business to Business (B2B)
Transaksi
e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama memiliki
kepentingan bisnis. Dua belah pihak ini saling mengerti dan mengetahui
bisnis yang dijalankan.
Umumnya
bisnis tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan, atau secara
sederhana berlangganan. Contoh sederhana dari B2B ini yaitu produsen dan
suplier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi
kebutuhan barang, hingga proses pembayarannya.
2. E-commerce Business to Consumer (B2C)
Business
to consumer dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi
e-commerce ini terjadi layaknya jual-beli biasa. Konsumen mendapatkan
penawaran produk dan melakukan pembelian secara online.
3. E-commerce C2C (Konsumen Ke Konsumen)
Untuk
C2C, traksaksi dilakukan oleh konsumen ke konsumen. Kalau Anda sering
menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLXdan sejenisnya, maka inilah yang
dinamakan B2C e-commerce.
Transaksi jual beli di lakukan secara online melalui marketplace. Jadi C2C disini menjadi perantara antara penjual dan pembeli.
4. Consumen to Busines (C2B)
C2B adalah kebalikan B2C yang mana konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.
5. Media atau Aplikasi E-commerce
Seperti yang dijelaskan dalam pengertian e-commerce diatas, transaksi bisnis ini bergantung pada sejumlah aplikasi dan media online (baca: pengertian media online)
lainnya, misalnya katalog, email, shopping carts, eb service, EDI dan
file transfer protocol. Hal ini tentunya melibatkan kegiatan B2B
(business to business).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar